Mengeksplorasi Dunia Steampunk: 10 Game PC Dengan Tema Steampunk Yang Menarik

Menjelajahi Dunia Steampunk: 10 Game PC Bertema Steampunk yang Bikin Nagih

Dunia steampunk, dengan gabungan estetika era Victoria dan teknologi mesin uap, memikat banyak orang karena pesonanya yang unik dan penuh gaya. Tak heran, tema ini pun diadopsi dalam berbagai bentuk hiburan, termasuk video game. Bagi penggemar steampunk, berikut 10 rekomendasi game PC bertema steampunk yang dijamin bikin ketagihan.

1. Bioshock: Infinite (2013)

Game first-person shooter ini mengajak pemain menjelajahi langit Columbia, sebuah kota terapung yang terinspirasi era Victoria. Dengan senjata yang bertenaga uap dan setting yang memukau, Bioshock: Infinite menawarkan pengalaman steampunk yang imersif dan mendebarkan.

2. Arcanum: Of Steamworks and Magick Obscura (2001)

RPG klasik ini menggabungkan elemen teknologi steampunk dan sihir. Pemain dapat memilih di antara berbagai kelas karakter dan menjelajahi dunia yang terbuka, terlibat dalam pertempuran taktis dan memecahkan teka-teki.

3. SteamWorld Dig 2 (2017)

Platformer aksi ini mengikuti petualangan seekor robot penambang bernama Dorothy. Pemain akan menjelajahi tambang bawah tanah yang dipenuhi mekanisme steampunk dan musuh yang menantang.

4. The Order: 1886 (2015)

Game aksi petualangan ini berlatar di London era Victoria yang dipenuhi teknologi steampunk. Pemain mengambil peran sebagai anggota Ordo, organisasi rahasia yang memburu manusia serigala.

5. Dishonored (2012)

Game stealth aksi ini menggabungkan teknologi steampunk dan kekuatan supranatural. Pemain menggunakan kemampuan khusus untuk menyusup ke menara-menara tinggi dan membunuh target mereka.

6. Frostpunk (2018)

Game strategi ini menempatkan pemain sebagai pemimpin kota steampunk yang berjuang untuk bertahan hidup di lanskap yang beku. Pemain harus membuat keputusan sulit dan mengelola sumber daya untuk memastikan kelangsungan hidup masyarakat.

7. The Last Clockwinder (2018)

Game petualangan teka-teki ini bercerita tentang seorang gadis muda yang bercita-cita menjadi pembangun jam. Pemain memandu karakter melalui lingkungan yang indah dan memecahkan teka-teki yang menantang, sembari mengungkap rahasia dunia steampunk.

8. Machinarium (2009)

Game petualangan point-and-click ini mengikuti petualangan Josef, seorang robot kecil yang berangkat untuk menyelamatkan pacarnya. Machinarium menampilkan animasi yang memukau dan teka-teki yang cerdas, memberikan pengalaman steampunk yang menawan.

9. Cognition: An Erica Reed Thriller (2012)

Game petualangan misteri ini menggabungkan teknologi steampunk dan elemen psikologis. Pemain mengikuti Erica Reed, seorang detektif yang menyelidiki serangkaian pembunuhan aneh yang berkaitan dengan dunia supranatural.

10. Syberia Trilogy (2002-2017)

Seri game petualangan grafis ini membawa pemain dalam perjalanan lintas benua, menelusuri dunia steampunk yang penuh intrik dan keindahan. Pemain mengendalikan Kate Walker, seorang pengacara muda yang terlibat dalam misteri yang lebih besar dari yang dia duga.